BATIK KUANSING DIJADIKAN SEBAGAI PAKAIAN DINAS PEMERINTAN KABUPATEN

12 Sep 2021

TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dibawah kepemimpinan Bupati Andi Putra SH MH dan Wakil Bupati Drs H Suhardiman Amby Ak MM terus berupaya untuk mendongkrak usaha ekonomi mikro masyarakat, terutama usaha Batik khas Kuantan Singingi yang terus tumbuh dan berkembang dengan pesat hal ini ditandai dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor : 800/SE/1119 tentang Penggunaan Pakaian Dinas Batik Bermotif Batik Kuantan Singingi Bagi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi, Drs Azhar MM, CPM menyampaikan kepada pewarta Jumat (10/09/2021) bahwa sesuai dengan Perbup No 36 Tahun 2021 Tentang Pakaian Dinas Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dimana pada Perbup tersebut diatur tentang PDH batik  yaitu pada hari kamis.

Lebih lanjut Azhar menjelaskan bahwa khusus untuk PDH batik ini sesuai dengan SE No 800/SE/1119 dihimbau kepada ASN agar pada hari Kamis mengutamakan pemakaian Pakaian Dinas Harian Batik Bermotif Batik Kuantan Singingi.

Dengan memakai Batik Kuantan Singingi secara tidak langsung kita sudah membantu ekonomi masyarakat terutama usaha ekonomi mikro para pembatik dan juga sekaligus akan berpengaruh kepada ekonomi daerah kita kataAzhar.

Disamping itu dengan memakai batik Kuantan Singingi menandakan kita cinta dengan budaya kita sendiri karna motif-motif yang dituangkan pada kain batik tersebut  merupakan nilai nilai budaya yang kita miliki seperti motif jalur, perahu Baganduang, Takuluak Barembei, Gulang gulang, rumah adat, silat pangean, cerano, sesampek, mendulang dan lain lain, setiap motif memiliki cerita tersendiri, dan nilai nilai budaya ini harus tetap kita lestarikan.

Semenjak disampaikannya wacana akan diberlakukan pemakaian baju batik Kuantan Singingi pada hari yang diharuskannya memakai batik, sampai dikeluarkannya Surat Edaran ini permintaan pesanan baju batik pada KUB batik terus meningkat seperti yang disampaikan oleh ketua KUB Batik Nagori yang berada di Desa Pisang Berebus Gunung Toar, Surmayati yang biasa dipanggil Sura “ sampai saat ini pesanan batik terus meningkat dan di KUB Batik Nagori sudah Inden sebanyak 2000 lembar”.

Untuk membantu percepatan penyelesaian pesanan Batik maka KUB Batik Nagori membuka kesempatan  kepada siapa saja untuk belajar membatik di KUB Batik Nagori tanpa dipungut biaya dan tentu saja diharapkan bisa bekerja lansung sebagai tenaga pembatik di KUB Batik Nagori ucap Sura.

Secara terpisah Azhar menambahkan bahwa  saat ini KUB Batik di Kuantan Singingi berjumlah sebanyak 16 KUB dengan rincian 3 KUB Batik di Kecamatan Singingi, 7 KUB Batik di Kecamatan Gunung Toar, 1 KUB Batik di Pangean dan 5 KUB Batik di Kecamatan Kuantan Tengah.

 

Penulis : Kominfoss Kuansing