HARMONISASIKAN TIGA RANPERBUP, PEMKAB KUANSING DATANGI KANWIL KEMENKUMHAM RIAU

01 Sep 2023

Pekanbaru – Pagi hari di awal bulan September ini,  Rabu (1/9) Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi bertandang ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau untuk melakukan harmonisasi atas tiga Rancangan Peraturan Bupati (Ranperbup) Kuantan Singingi Tahun 2023. Ranperbup yang dilakukan harmonisasi yaitu tentang Standar Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Perubahan atas Peraturan Bupati Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pedoman Perjalanan Dinas yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, dan Pemberdayaan Adat Kabupaten Kuantan Singingi.

“Pengharmonisasian, Pembulatan, dan Pemantapan Konsepsi atas Ranperbup ini bertujuan agar Peraturan yang dibuat tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-Undangan yang lebih tinggi maupun yang sederajat. Dalam membentuk Peraturan Daerah harus dilakukan berdasarkan pada asas pembentukan Peraturan Perundang-Undangan yang baik. Yakni yang meliputi kejelasan tujuan, kesesuaian antara jenis, hirarki, dan materi muatan. Serta dapat dilaksanakan, kedayagunaan dan kehasil gunaan, kejelasan rumusan dan keterbukaan,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu yang didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Edison Manik.

“Pengharmonisasian ini merupakan komitmen Pemerintah dalam menata regulasi agar kedepannya regulasi yang dihasilkan memiliki nilai keadilan, kepastian dan juga kemanfaatan yang dirasakan oleh masyarakat. Semoga Ranperbup ini dapat bermanfaat dan mempermudah serta tidak menjadi penghambat bagi masyarakat,” ungkap Jahari Sitepu dalam sambutannya.

Pada rapat Pengharmonisasian, Pembulatan, dan Pemantapan Konsepsi atas tiga Ranperbup Kuansing ini, turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Azhar, Staf ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Indra Sandy beserta rombongan. Kepala Bidang Hukum Farhan Nizar beserta tim JFT Perancang Perundang- Undangan Kanwil Kemenkumham Riau berdiskusi melakukan harmonisasi demi Ranperbup yang berkualitas.

#KemenkumhamRI #KanwilKemenkumhamRiau #KanwilKumhamRiau #RiauBedelau

Sumber : Kanwil Kemenkumham Riau